Pengertian, Tujuan, Ciri, Syarat, dan Contoh Lengkap

Pengertian, Tujuan, Ciri, Syarat, dan Contoh Lengkap


Lahir di Indonesia, hidup di Indonesia, orang Indonesia asli, menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, tapi nilai ujian Bahasa Indonesia tidak pernah mencapai angka maksimal. Apakah Anda salah satu yang mengalami hal itu? Tenang, Anda tidak sendirian. Terlihat mudah, ternyata bahasa ibu kita ini terbilang gampang-gampang susah oleh karena itu sebaiknya kita lebih mendalami materi-materi Bahasa Indonesia dan dalam kesempatan kali ini, kita akan kupas habis seputar definisi.
Kita sering mendengar dan mengucapkan istilah tersebut. Tetapi apakah Anda tahu apa makna dari kata ini secara harfiah? Jika belum, mari kita belajar bersama. Berikut adalah panduan lengkapnya yang meliputi pengertian, tujuan, ciri, syarat, serta contohnya

1. Pengertian Definisi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi diartikan sebagai kata, frasa, atau kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas; batasan (arti); dan rumusan tentang ruang lingkup dan ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembicaraan atau studi.
Pengertian definisi berbeda-beda menurut para ahli, namun di Indonesia pengertian dari KBBI merupakan acuan tertinggi. Selain karena terlengkap dan paling akurat, KBBI juga dirumuskan oleh lembaga resmi pemerintah Republik Indonesia tepatnya di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.
Pada intinya, definisi adalah upaya memberikan sebuah arti pada kata atau istilah.

2. Tujuan

Tujuan utama mendefinisikan adalah untuk memberi batasan atau makna pada sebuah istilah sehingga menghasilkan kesepakatan untuk masyarakat secara global.

3. Ciri-Ciri Definisi

Tidak semua arti kata maupun makna kata bisa disebut dengan definisi, sebab hal ini memiliki karakteristik tertentu. Ada dua istilah penting untuk memahami ciri-cirinya yakni definiendum dan definiens.
Definiendum adalah unsur istilah atau kata yang dijabarkan. Sementara definiens adalah unsur rangkaian kata maupun frasa atau kalimat yang berfungsi menguraikan pengertian.

Kata bijak dengen kata: pengertian

  • Bukan perih yang aku ratapi, tapi pengertian yang tak pernah kau beri.
  • Bagaimana mungkin engkau menjelaskan fenomena biologis yang sedemikian penting seperti cinta pertama dalam pengertian kimia dan fisika?

  • Perdamaian tidak dapat dijaga dengan kekuatan. Hal itu hanya dapat diraih dengan pengertian.

  • Takwa mencakup tiga Pengertian: Menunaikan Segala Perintah; Menjauhi segala yang dilarang; Menjauhi hal-hal yang subhat. - Syeikh Imam Nawawi al-Bantani
  • Agar hubungan pasangan bisa nyaman, butuh kerja keras. Cinta pada akhirnya tidak cukup. Kita harus menurunkan ego, meningkatkan pengertian. Sabar juga. Kalau selalu bertengkar, kenyamanan itu akan hilang. Dan, pasti banyak waktu yang terbuang. -
  • Siapakah orang di jagad ini yang mampu memahami wanita dengan pengertian utuh? 


Pengertian dan Pemahaman dalam Sebuah Hubungan

Pengertian dan saling memahami mungkin sudah menjadi hal yang paling dasar, bisa dikatakan hampir semua orang didunia mengetahui dan menyadari akan hal seperti itu dalam terjalinnya sebuah hubungan. Karena dalam sebuah hubungan pengertian dan pemahaman itu sangatlah penting agar dapat selalu menjaga keharmonisan sebuah hubungan.
Pengertian yang baik dan pemahaman yang tulus mungkin mudah dipahami dengan mengucapkannya tapi, akan berbeda jika kita melakukannya dan kenyataannya ucapan tak se-simple perbuatan.
Menjalin suatu hubungan diawal mungkin menyenangkan bagi yang sedang dimabuk asmara, akan tetapi ketika sudah mulai mengenal satu sama lain mulai dari kebiasaannya, sifatnya (terutama perempuan), dan lain-lain.


Hal tersebut akan menjadi batu sandungan dalam sebuah hubungan dan yang nantinya akan menjadikan pasangan tersebut belajar untuk tetap bertahan bahkan lebih dekat atau pasangan tersebut akan berpisah
Dari hal tersebut pulalah setiap pasangan perlu belajar tentang kedewasaan, dengan adanya kedewasaan tersebut setiap pasangan mampu mempertimbangkan dengan matang tindakan apa yang akan diambil jika nantinya terdapat batu sandungan. Karena setiap hubungan dalam berpasangan akan lebih mudah retak jika tidak ada kedewasaan diantara setiap pasangan.
Mengapa pengertian dan pemahaman itu sulit untuk dilakukan padahal dalam mengingat dan mengucapkannya pun sangatlah mudah?
Itulah manusia setiap manusia diciptakan dengan keunikan sifat, karakteristik, dan perangai yang berbeda-beda antara yang satu denagn yang lainnya. Maka dari situ perlu adanya adaptasi dan pengertian untuk saling memahami sifat, karakter, dan perangai satu sama lain.
Dan belum lagi penyesuaian diri dengan lingkungan dan orang-orang yang baru yang nantinya akan menjadi sebuah keluarga baru (menikah), dan dalam sebuah hubungan setiap pasangan harus mampu menurunkan atau menge-sampingkan ego nya masing-masing. Kembali lagi, karena dalam berpasangan kita harus mampu memberikan perhatian dan pemahaman yang nantinya akan dapat mengalahkan batu sandungan yang ada didepan mata

.

Apa Arti Komitmen Dalam Hubungan?

 Ikatan batin yang perlahan muncul dari sebuah hubungan yang awalnya tanpa arah banyak terjadi. Tapi, bagi sebagian orang, komitmen jadi hal penting yang wajib dibahas di awal hubungan mereka. Jadi, lebih baik mana, berkomitmen sejak awal hubungan atau membiarkannya tumbuh sendiri seiring berjalannya waktu? “Sebenarnya, saat tepat benar-benar berkomitmen itu tergantung kesiapan masing-masing orang. Di awal atau di tengah-tengah proses saling mengenal nggak masalah. Tapi, kalau komitmen disamaartikan dengan memulai hubungan spesial, rasanya kurang pas. Komitmen lebih ke hubungan yang lebih serius. Ibaratnya pondasi, komitmen menentukan arah hubungan,” papar Fani, mahasiswi pascasarjana Psikologi, UGM


Seorang teman mengaku ia berkomitmen menjalani hubungan serius dengan si pacar. Tapi, ketika ditanya apa yang dilakuin selama berkomitmen, dia sendiri nggak bisa menjawab dengan alasan membiarkan semuanya mengalir. Lalu, apa fungsi komitmen baginya? Benarkah itu hanya cara untuk saling mengikat dengan dalih menjalin hubungan serius?
Lain lagi dengan sahabat kecil saya. Sejak awal menjalin hubungan dengan si pacar, dia hanya berkomitmen untuk “jalan bareng”. Sementara nggak pernah ada batasan harus bagaimana bersikap dengan teman-temannya. Alhasil, dengan siapa pun dia atau pacarnya jalan, nggak pernah jadi persoalan. Sampai masing-masing dari mereka bebas having fun dengan siapa saja tapi tetap berkomitmen dengan status awal, pacaran. Apa arti komitmen bagi mereka sendiri? Punya hubungan spesial tapi masih sah having fun dengan yang orang lain termasuk dalam “perjanjian” yang mereka buat?
Komitmen akhirnya jadi korban. Bukannya real digunakan sebagai pondasi matang, dia malah jadi pengikat klise sebuah hubungan. Bahkan jadi pengesah hal-hal nggak wajar jadi tampak wajar. Tapi balik lagi, masing-masing punya pandangan dan kepentingan. Bagaimana pun bentuknya, komitmen masih tetap berjasa dalam hubungan karena ampuh mengikat batin dengan “perjanjian” nggak tertulis yang jadi penyatu tiap pasangan. So, buat kamu sendiri, apa sih arti komitmen?

 apa arti komitmen 

Banyak pasangan muda di luar sana yang terjebak dalam pengertian komitmen. Ya, komitmen! Satu kata ini cukup jadi kontroversial lho. Apalagi di dalam perjalanan asmara, komitmen banyak disalahartikan pemaknaannya, yaitu sekedar mencintai satu orang dan mengikat janji. Padahal sebetulnya arti komitmen tidak hanya itu saja. Nah, apa aja sih ciri-ciri dari komitmen itu sendiri? Yuk, sama-sama kita cari tahu!

 mencintai apa adanya
Gimana sih perasaan kamu kalau si Dia tiba-tiba meninggalkanmu akibat males melihat sikap jelekmu? Pasti kamu kesal dong, mulai mengutuknya dan beranggapan bahwa dunia ini tidak adil. Tak hanya sekedar janji untuk setia mencintai satu orang aja lho, tapi komitmen itu adalah sikap mau menerima untuk menjaga hubungan tetap berjalan. Kalau ada kekurangan di diri pasanganmu, kamu pun harus berusaha menerima kekurangan itu. Bingung caranya gimana? Coba deh untuk menyadari kekurangan yang ada di diri kamu sendiri. Ingat ya kalau semua orang enggak ada yang sempurna, pasti ada aja deh kekurangannya. Kekurangan yang dimiliki pasanganmu itu bukan segalanya lho kalau dibandingkan dengan kehadirannya di dalam hidupmu selama ini. Dengan mencoba menerima kekurangan itu, kamu dan pasangan akan lebih mensyukuri kehidupan dan hubunganmu akan lebih berwarna.
Rendah hati ke pasangan
Satu hal yang penting untuk kamu ketahui kalau komitmen itu bukan sekedar masalah kesetiaan. Namun, komitmen juga mau mengalah dan menerima apa yang diinginkan pasangan demi menjaga hubungan kalian. Kalo kamu masih suka mementingkan diri sendiri dan enggak mikirin perasaan pasangan, itu bukan komitmen namanya. Hal yang kayak gitu justru bisa disebut kamu masih egois dan kekanak-kanakkan. Berbeda halnya dengan menjadi seorang yang penurut, rendah hati kepada pasangan bukan berarti menjadi pasangan yang bodoh dan bisa diperalat. Selama hal tersebut tidak banyak merugikanmu (mengancam nyawa  atau melanggar HAM), komitmen yang benar berarti memelihara hubungan dengan baik dan bisa saling memahami satu sama lain.
Bisa bertanggung jawab
Apa pun sikap yang dimiliki oleh pasangan, intinya kalian saling membutuhkan, mencintai apa adanya, dan bertanggung jawab terhadap setiap keputusan. Kamu sebenernya boleh lho tidak melakukan ini semua, eits tapi kalau kayak gitu berarti bisa dibilang tidak serius dan hanya mengejar kesenangan saja. Kamu harus ingat ya, kalau komitmen dalam sebuah hubungan hanya diperuntukan untuk pasangan yang percaya akan cinta yang tulus, ikhlas dan tanpa syarat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »